Laman

blogads

Jumat, 15 Januari 2010

2 Badak Gencar Terjun New Wave Marketing




Jika kemarin ramai dibahas Buaya vs Cicak, kini 2010 bakal menjadi perseteruan Badak vs Badak, nah loh!. Adalah dua pabrikan motor Honda vs Yamaha yang kian sengit bertarung merebut market share, pertempuran ini digong awal tahun 2000-an. Kala itu kedua Badak tersebut gencar melakukan strategi pemasaran lewat pemasangan iklan di berbagai media cetak, bahkan kedua badak ini melakukan brand character terhadap produknya, seperti 'lebih irit','lebih lincah','paling tangguh',dan kawan-kawannya.

Bahkan tahun 2008 lalu, kedua Badak ini berani saling klaim bahwa masing2 telah menjadi nomor satu 'motor yang paling laku', klaim tak tanggung2 dengan pasang iklan full colour 1 halaman di media nasional. Namun tahun 2009 kemarin data AISI menyatakan untuk penjualan Yamaha selama 2009 sebanyak 2.650.895 unit, sedangkan Honda sebanyak 2.701.278 unit, ini berarti Honda cuma menang tipis 50.383 unit!, tapi masih tetap nomor satu di tahun 2009.

Lantas bagimana dengan tahun macan 2010 ini?, yang cukup menonjol dari tahun 2009 adalah kedua ATPM tersebut sedang gencar bermain-main di dunia online atawa lebih dikenal New Wave Marketing. Honda dan Yamaha gencar aktif merangkul komunitas online nya lewat weblog seperti Honda memiliki www.maticaddicts.com, www.welovehonda.com , www.honda-cs1.com , sedangkan Yamaha tak ketinggalan menghadirkan weblog www.yamaholigan.com, www.yamaha-friends.com. Bahkan mereka tak lupa bersemarak di facebook dan twitter, serta jejaring sosial lainnya. Tentunya weblog tersebut digawangi oleh pihak pabrikan dan main diler secara resmi.

Perangkulan online community lewat kehadiran weblog oleh kedua pabrikan ini berdampak positif, karena pelanggan ataupun calon pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk motor impiannya. Bahkan bisa mendapatkan info tentang komunitas style hingga info perawatan dan modifikasi. Tujuannya tak lain adalah 'merayu' dan 'merawat' para pelanggan mereka supaya tetap cinta dengan apa yang telah dipilihnya. Memang tak dipungkiri bahwa media online adalah media modern masa kini yang cepat, akurat, lengkap, dan bisa interaktif.

Bukannya tanpa resiko lho!, tak jarang pula akan ditemukan komentar-komentar positif serta negatif di weblog ataupun jejaring sosial yang mereka bentuk. Hal interaksi inilah yang akan membuat pelanggan/komunitas semakin setia kepada brandnya, dimana pandai-pandainya pihak pabrikan memaintance komunitas online yang sudah mereka bentuk. Konsumen saat ini lebih pintar,cerdas,dan kritis, segala aspek akan dipertimbangkan oleh konsumen (service,kualitas,price,aftersales,dll), sebelum konsumen jatuh cinta pada sebuah brand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Brother yang ingin sumbang komentar tentang modifikasi silakan tulis disini. Pendapat brother akan sangat saya hargai dan empat jempol untuk para builder!