Laman

blogads

Jumat, 03 Juli 2009

Ganti Oli Motor, Ada Aturannya!

Pelumas salah satu perangkat vital mesin motor brother, fungsinya sebagai cleaning. cushioning, cooling, dan lubrication. Sebaiknya penggantian oli mesin motor dilakuakn setiap 1500km-1800km, kenapa?. Menurut rekomendasi pabrikan tercantum masa pergantian setiap 2000km-2500km, namun kondisi jalan raya di kota besar yang cenderung macet akan memaksa kinerja mesin motor lebih berat, jelas berdampak ke pelumas yang terus bersikulasi disela mesin motor, saat besutan terjebak macet.

Panaskan terlebih dulu mesin motor brother kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu keluarkan oli saat keadaan mesin motor masih panas. Langkah ini bertujuan untuk membuat oli lebih encer dan gram dari gesekan part bisa ikut larut ketika oli di-tap. Ingat, jangan lakukan saat mesin masih terlalu panas. Kondisi yang masih terlalu panas dapat membuat metal memuai.

Stop menyemprotkan angin kompresor dari lubang masuk oli, karena udara yang dihasilkan dari tabung kompresor mengandung air. Akibatntya ente pada tau, beresiko memunculkan karat. Untuk menuntaskan pengurasan oli, cukup selah dengan perlahan kick starter sebanyak 3-5 kali agar sisa oli turun.

Selanjutnya sebelum menuangkan oli baru, brother jangan lupa mengocok botol olinya terlebih dulu. Tujuannya supaya formula pelindung yang berada dalam oli bisa tercampur sempurna sebelum oli dituang. Beres menuangkan oli, biasakan gunakan starter kaki untuk mensirkulasikan oli baru kedalam sela mesin motor, kemudian panaskan beberapa saat. Nah...rebes motor ente sudah siap digeber lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Brother yang ingin sumbang komentar tentang modifikasi silakan tulis disini. Pendapat brother akan sangat saya hargai dan empat jempol untuk para builder!