Kamis, 09 Februari 2012
Upgrade Performa Honda Scoopy
MotoBike - Sebut saja, Daniel Hasnilizer, pria yang masih kuliah di perguruan tinggi swasta ini merasakan kurang yahud dengan performa standar Honda Scoopy miliknya. Pasalnya, skutik retro itu masih dipakai buat ke kampus, supaya gak telat kuliah.
Untuk itu, pria yang kerap disapa Daniel, melakukan upgrade pada besutan kesayangan ke Bangky MotoSport (BMS) di Jl. Ir. H. Juanda, No.9, Depok, Jabar. Rombakan mesin tunggangan tahun 2010 ini mengaplikasikan part aftermarket dan custom dari BMS.
Hasilnya cukup memuaskan Daniel. Biar tahu seberapa besar peningkatan performa yang dihasilkan, dites pakai dynojet milik Ronald Osbert Lontoh, owner dari bengkel AeroSpeed (AS) yang mangkal di Jl. H. Nawi, No. 74, Jaksel.
Dari alat uji terbaca tenaga maksimal 13,35 dk/8.914 rpm, sedangkan torsi menoreh angka 10,88 Nm/8.654 rpm. Sementara kondisi standar pabrik, cuma sampai 8,28 dk/8.000 rpm, sementara torsi 8,32 Nm/5.500 rpm. Artinya ada peningkatan tenaga sebesar 5,07 dk dan torsi 2.56 Nm.
Mau tahu ubahan yang dilakukan? Don’t go anywhere!
Silinder Blok
Buat memperbesar tenaga, langkah bore-up menjadi menu pertama. Piston diganti pakai seher Kawasaki Kaze diameter 55 mm, sehingga kapasitas mesin naik jadi 130 cc.
“Tapi kepala seher Kaze mesti dibubut 1 mm biar gak mentok dengan head silinder. Kalau diameter pen piston sama, 13 mm,” terang Prayogi, mekanik BMS.
Kepala Silinder
Untuk memperlancar aliran masuk dan buang, saluran in dan ex di-porting polish. “Lubangnya dihaluskan sebanyak 0,8 mm (inlet) dan pada 1,5 mm (exhaust). Sedangkan diameter kubah squish digedein jadi 48 mm dari aslinya,” paparnya yang gunakan karbu Honda CBR 150 ber-venturi 28 mm.
Noken As
Tak cuma itu, supaya pasokan campuran bensin dan udara ke ruang bakar bisa lebih banyak, profil kem dibentuk ulang. Durasi dan lift-nya dinaikin. “Durasinya dibikin sekitar 270 derajat,” ingat Subur, sapaan akrabnya.
Knalpot
Biar pelepasan gas buang lebih lancar, knalpot asli diganti pakai hasil custom dari bahan pelat galvanis. “Mulai dari leher sampai silencer knalpot dibikin mirip aslinya. Tapi tahanannya dikurangi supaya tarikan bawah sampai atas ngisi terus,” tutup Subur yang pasang CDI BRT I-Max 20 step.
Data Test Dyno
Standar Upgrade Kenaikan
Power 8.28 dk/8.000 rpm 13.35 dk/8.914 rpm 5.07 dk
Torsi 8.32 Nm/5.500 rpm 10.88 Nm/8.654 rpm 2.56 Nm
Bangky MotoSport (BMS) : 021-77201133
AeroSpeed (AS) : 021-26222033
sumber: http://mymotobike.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Brother yang ingin sumbang komentar tentang modifikasi silakan tulis disini. Pendapat brother akan sangat saya hargai dan empat jempol untuk para builder!