Halaman

blogads

Senin, 11 Juni 2012

Modif Vespa Super, 1978 (Bogor) : Vespa Super, Habiskan 12 Ekor Ayam!


Tingkah laku para Scooterist memang unik  jika memodifikasi motor! Semua yang mereka lakukan selalu bikin mata melirik. Seperti yang dilakukan Ruslan Suryana. Demi wujudkan keinginannya agar Vespa Super miliknya tampil eye cathcing, 12 ekor ayam dihabiskan olehnya.


Tapi, 12 ayam itu bukan buat tumbal atau sesajen, lho. Apalagi, dimakan dan dihabiskannya sendiri. Walah..., ya enggak begitu. "Ayam itu cuma dipakai bulu-bulunya untuk bikin kontur airbrush di bodi. Kalau dagingnya dibagi-bagi ke teman," aku bapak dua anak yang tinggal di Bogor, Jawa Barat ini.

Pakai motif ghost flame dipadu warna candy violet, tiap bulu diletakan di bodi lalu disemprot. Satu persatu, teknik itu dilakukan hingga seluruh bodi terpenuhi motif bulu. Kesan eye cathing juga makin terlihat mewah setelah Ruslan menga-plikasi sespan alias kereta samping di Si Semok. "Sengaja juga pasang itu sespan. Jadi, istri dan anak saya bisa ikut kalo ada acara Vespa,” ujarnya.

Untuk urusan pembuatan sespan, Ruslan dibantu rekannya, Oki Wahyudi owner DOF '04 (Den Oki Production). Intinya mereka ingin memodifikasi yang tidak mengubah wujud aslinya. "Kami kompak, ingin memodifikasi ‘kumbang’ dengan hasil yang rapih dan tidak asal-asalan. Biasanya anak-anak itu kalo ngemodif motor, suka asal-asalan," kata Ruslan yang logat Sundanya kental.

Sespan, dibuat dari fiberglass tebal 5 mm, “Sistem pemasangannya sengaja dibuat knock down. Jadi, kalau Ruslan mulai bosan, sespannya bisa dilepas,” kata Oki yang bengkelnya berada di Jl. Raya Puncak Km 72. Cibogo II, Cipayung, Bogor.

Beberapa penyesuaian kudu dilakukan ketika aplikasi sespan. Soalnya jika Vespa itu diparkir, motor suka 'nyelonong' sendiri. Solusinya kudu dibuatkan rem tangan. Untuk rem tangan, silakan lihat boks ya.

Mantap dong!

Rem Tangan
Kelemahan Vespa yang menggunakan sespan, biasanya suka nyelonong saat motor sedang diparkir. Rem tangan, jadi solusi. Rem parkir ini dibuat Oki dari pipa besi tebal 5 mm dengan diameter 1/2 inci. Pipa tadi dipasangi kabel rem yang disambung ke arah tromol belakang. Tuas rem sendiri, dibuat unik lewat ujung stick golf.

Penggunaannya sama dengan sistem rem belakang, “Jadi kabel rem belakang dibikin dua. Satu untuk rem belakang dan yang satu lagi ya untuk rem tangan ini deh,” tutup Oki yang memang spesialis ngemodif Vespa.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 3,50-8
Ban Belakang : IRC 3,50-10
Handgrip : Variasi
DOP’04  : 0858-14564734

2 komentar:

  1. uasaha kteatif vespamania
    benar-2 modifikasi yang luar biasa
    sukses selalu

    BalasHapus
  2. Terimakasih telah berbagi informasi. Salam kenal dan semoga sukses selalu.

    BalasHapus

Brother yang ingin sumbang komentar tentang modifikasi silakan tulis disini. Pendapat brother akan sangat saya hargai dan empat jempol untuk para builder!